PDM DEPOK, Bojongsari – Muhammadiyah Kota Depok menggelar Pengajian Hari Bermuhammadiyah sekaligus Launching KBIHU Muhammadiyah Depok dalam rangka Milad 111 Muhammadiyah di Perguruan Al Hasra, Bojongsari, Depok, Ahad (26/11/2023). Tabligh Akbar yang dihadiri segenap warga Muhammadiyah se-Kota Depok ini menghadirkan Ketua Lembaga Haji dan Umrah PP Muhammadiyah Dr. H. Muhammad Ziyad, M.A. yang menyampaikan tausiyah mengenai tema milad “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”.

Dr. KH. Muhammad Ziyad mengungkapkan, Muhammadiyah telah menyiapkan infrastruktur pencerdasan, pendidikan, dan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia supaya berkemajuan dan tidak tertinggal. “Maka, yang kedua, harus melangkah bahwa kita adalah bagian dari dunia global,” ujarnya menjelaskan makna tema Milad 111 Muhammadiyah.

Dia juga menjelaskan, Muhammadiyah mendorong gerakan-gerakan pencerdasan dan kemanusiaan dalam lingkup internasional. “Lazismu PP Muhammadiyah sudah mengumpulkan dan sebagian sudah disalurkan sudah lebih dari Rp42 miliar, makanya Muhammadiyah selalu di hati untuk saudara-saudara kita di Palestina,” ungkap KH. Ziyad.

KH. Ziyad juga mengatakan, Muhammadiyah terus mendorong negara untuk mendukung kemerdekaan Palestina. “Muhammadiyah berdiri terdepan dalam konteks itu, karena itulah tema semesta ini adalah kita ingin mengajak seluruh dunia bagaimana membangun perdamaian,” ungkapnya.

Launching KBIHU, BTM, dan WakafMu

Ketua PDM Kota Depok H. Ali Wartadinata mengajak segenap jamaah dan warga Muhammadiyah di Kota Depok untuk melaksanakan haji dan umrah melalui KBIHU Muhammadiyah Depok. Dia menjelaskan, KBIHU Muhammadiyah Depok sudah memiliki pembimbing haji bersertifikat Kemenag.

Untuk memudahkan jamaah melaksanakan ibadah umrah, PDM Kota Depok juga meluncurkan BTM (Baitul Tamwil Muhammadiyah). “BTM adalah entitas ekonomi Muhammadiyah yang harus kita gerakkan. Yang darinya bisa menggerakkan ekonomi Muhammadiyah dengan tabungan umrahnya. Yang mau berangkat haji, umrah, nabung di BTM,” ajaknya.

Selain itu, dalam kesempatan itu, PDM Kota Depok juga meluncurkan program WakafMu. Hal ini dijelaskan Ali sudah dimulai sejak 2020 dan telah digunakan untuk pembebasan lahan untuk rumah sakit, cikal bakal RS PKU Muhammadiyah Kota Depok. “Mari terus kita berwakaf, berinfak untuk rumah sakit agar rumah sakit (di Kota Depok) bisa terwujud,” ujar H. Ali.

Semangat milad ini harus menjadi momentum untuk menggerakkan Persyarikatan Muhammadiyah. “Saya mengucapkan terima kasih kepada pejuang-pejuang Muhammadiyah di ranting-ranting,” ungkapnya.

Acara ini dapat terlaksana atas dukungan berbagai pihak, PCM-PCA Bojongsari sebagai tuan rumah, Lazismu, KBIHU Muhammadiyah Depok, BTM, sejumlah calon anggota legislatif yang hadir, kader ortom, jajaran AUM, dan seluruh warga Muhammadiyah dari level ranting dan cabang. (sho)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini