PDM DEPOK – Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok membagikan daging kurban kepada warga sekitar Sawangan, Limo, dan Pancoran Mas dari hasil kolaborasi program “GREEN KURBAN”.

Ketua MLH Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil Kolaborasi Program  antara Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PP Muhammadiyah, Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) RI dan LAZ Baitulmaal Muamalah.

Acara serah terima hewan qurban dihadiri oleh H. Ali Wartadinata selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, Bapak Djihadul Mubarok sebagai Sekretaris Majelis MLH Pusat Muhammadiyah dan Ust Abu Perwakilan LAZ Bank Baitulamaal Muamalat Pusat.

Proses penyembelihan hewan qurban didahului drama pemindahan hewan qurban berjenis SO. berbobot kurang lebih 500kg dari tempat penambatan menuju ke Kebon Konservasi Pesanggrahan MLH PDM Kota Depok yang jaraknya sekitar 300 meter. Sapi besar, binal, agresif nan gagah akhirnya dapat ditaklukan setelah proses yang lumaya seru.

Sapi mendengus disepanjang proses, dengan mata mencicil melotot, sembari sesekali meloncat dan melakukan gerakan-gerakan atraktif sehingga sejumlah pohon di pertanian milik anggota MLH PDM Kota Depok rebah dan tercerabut beserta akarnya.

Di lokasi penyembelihan sapi seberat 500kg yang sejak dari mobil pengangkut sudah kesal itu masih melanjutkan aksinya dengan berkali-kali mencoba menyeruduk dan menanduk anggota tim penyembelihan, syukurlah berkat kecerdasan Buya Ahmad Tamami, kegagahan Dadang Sofyan, Kesabaran Dede Godeg Sulaiman, semangat pantang menyerah Nur Kholis, kesabaran Agus Subekti, ketekunan Habibi serta support dari seluruh yang hadir akhirnya sapi berhasil ditaklukan.

Sofyan Hakim menjelaskan bahwa Pembagian hasil penyembelihan hewan kurban sudah rutin dijalankan oleh MLH PDM Kota Depok pada setiap perayaan Hari Raya Idul-adha, dengan senantiasa mengupayakan peningkatan kwalitas dan kwantitas dari tahun ke tahun.

Yang tak kalah penting Bapak Djihadul Mubarok selaku Sekretaris MLH PP Muhammadiyah juga menyampaikan bahwa MLH PP tentulah sangat concern dengan kelestarian lingkungan, sehingga penyelenggaraan qurban dilakukan dengan cara yang kami istilahkan dengan “Green Qurban” yakni suatu proses penyelenggaraan qurban yang ramah lingkungan, di antaranya: darah dan isi perut hewan qurban langsung kami olah untuk selanjutnya dimanfaatkan sebagai pupuk organik, kami juga menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang oleh alam, kami meminimalisir penggunaan plastik.

Dengan demikian limbah dan polusi yang berpotensi merusak udara, tanah dan air dapat dihindari. Green Qurban akan senantiasa kami evaluasi dan perbaiki di masa-masa mendatang dan dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Semoga ibadah qurban kita diterima oleh Allah SWT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini