Ketua MPK-SDI Kota Depok Ust. Mahfan

PDM DEPOK – Oleh: Mahfan Kh*

Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPK SDI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Depok menyelenggarakan Perkaderan Utama Bertajuk Baitul Arqam Pimpinan dan Pembinaan Ideopolitor (Ideologi, Politik, dan Organisasi). Kegiatan diadakan sejak Hari Jumat Hingga Ahad, tanggal 17-19 Jumadil Ula 1445 H bertepatan dengan Tanggal 1-3 Desember 2023 M, di BGP Banten Jl. Raya Parung No. 420, Lebakwangi, Parung, Bogor, Jawa Barat.

Kagiatan dengan tema “Meneguhkan Langkah dan Gerak Memajukan Persyarikatan untuk Dakwah Pencerahan Kota Depok”, berjalan dengan lancar diikuti oleh Anggota PDM Kota Depok, Unsur Pembantu Pimpinan (Majelis dan Lembaga), utusan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kota Depok, Pimpinan Organisasi Otonom (Ortom) PDM Kota Depok.

Kegiatan yang dikomandoi oleh MPK SDI PDM Kota Depok menghadirkan nama-nama narasumber yang kompeten di bidangnya, antara lain:

  1. Ketua PP Muhammadiyah Bidang Tabligh, Dakwah Komunitas, Kepesantrenan, dan Pembinaan Haji dan Umroh Dr. KH. Saad Ibrahim yang menyampaikan Materi Spiritual Leadership Muhammadiyah.
  2. Arah Kebijakan Politik Muhammadiyah, oleh Ketua LKHP PP Muhammadiyah Dr. phil. Ridho Al-Hamdi, S.Fil.I., M.A.
  3. Metode Tarjih dan Ibadah Sesuai Tarjih oleh Dr. Endang Mintarja
  4. Hakekat Islam (Paham Agama Menurut Muhammadiyah) Oleh Wakil Ketua PWM Jawa Barat, Dr. H Dadang Syaripudin, MA
  5. Strategi Pengembangan Organisasi dan Jaringan Muhammadiyah, oleh Ketua MPK PP Muhammadiyah, Bachtiar Dwi Kurniawan, S.Fil.I., M.P.A
  6. Aplikasi Manhaj Islam Berkemajuan dalam Politik Kenegaraan Prof. Dr. Ma’mun Murod

Sedangkan tujuan dari dilaksanakannya Baitul Arqam Pimpinan dan Pembinaan Ideopolitor ini adalah:

  1. Mengukuhkan penanaman nilai-nilai Ideologi Muhammadiyah pada diri Pimpinan Muhammadiyah Kota Depok.
  2. Meneguhkan semangat bermuhammadiyah pada diri Pimpinan Muhammadiyah Kota Depok.
  3. Memberikan pencerahan tentang cara berfikir dan bersikap yang sama tentang Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Gerakan Tajdid, dan Gerakan Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
  4. Terbentuk dan terjaganya eksistensi kader yang memiliki ruh (spirit) dan integritas Muhammadiyah sehingga mampu berperan dalam pengembangan Muhammadiyah Kota Depok.
  5. Memberikan pemahaman dan pengukuhan akan peran utama Pimpinan sebagai kader persyarikatan yang bertugas mempersiapkan kader-kader terbaik masa mendatang melalui kegiatan majelis dan lembaga.
  6. Meningkatkan etos kerja para pimpinan Muhammadiyah Kota Depok.

Kegiatan Baitul Arqam dan Pembinaan Ideopolitor ini diikuti oleh 68 peserta aktif berasal dari unsur pimpinan baik Anggota Pleno, pimpinan majelis dan lembaga, pimpinan cabang dan ranting, pimpinan ortom, dan pimpinan amal usaha Muhammadiyah se-Kota Depok.

Kegiatan Baitul Arqam dan Pembinaan Ideopolitor PDM Kota Depok menjadi istimewa karena hadirnya Ketua MPK SDI PP Ust. Bachtiar Dwi Kurniawan, S.Fil.I., M.P.A, dan Ketua MPK SDI PWM Jawa Barat Ust. Dede Kurniawan.

Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan baik karena perkenan dan izin Allah. Kekhawatiran panitia terkait minimnya peserta dan dana jelang pelaksanaan, dapat terbayar dengan banyaknya peserta dan pihak-pihak yang berkontribusi baik moril maupun materil. Terima kasih kepada Ketua PDM Kota Depok H. Ali Wartadinata, Wakil Ketua PDM yang membawahi MPK SDI Dani Yanuar Eka Putra MA, PD ‘Aisyiyah Kota Depok.

Terima kasih kepada rekan rekan MPKwan dan MPKwati anggota Majelis MPK dan SDI PDM Kota Depok atas segala jerih payahnya sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Terima kasih pula kepada Lembaga donor yang telah membantu, seperti Yakesma, LAZISMU Kota Depok, LAZ Zakat Sukses, BAZNAS Kota Depok, dan pihak lain yang telah mendukung baik secara moril maupun materil.

*Ketua MPK SDI PDM Kota Depok

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini