PDM DEPOK – SMA Muhammadiyah 4 Depok menggelar sidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk siswa kelas XI. Acara ini merupakan hasil dari empat bulan kolaborasi siswa dalam kelompok untuk menciptakan KTI. Projek ini juga merupakan program literasi yang terintegrasi dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Sidang dilaksanakan selama dua hari pada 12-13 Desember 2023.

Sebanyak 28 judul Karya Tulis Ilmiah baik bidang sains maupun sosial humaniora menjadi fokus dalam sidang ini, yang akan dinilai oleh 13 guru yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Diantaranya ada yang berjudul “Analisis Penggunaan Duolingo sebagai Media Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Depok” dan “Analisis Dampak El Niño terhadap Curah Hujan di Kota Depok”.

Program ini merupakan langkah penting dalam pengembangan kreativitas dan keterampilan siswa dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan melalui penelitian-penelitian yang mereka rancang dan lakukan. Program diawali dengan workshop penulisan Karya Tulis Ilmiah berbasis Penelitian, Pemilihan tema dan Ide, judul, penelitian selama tiga bulan dengan bimbingan guru secara intensif, setiap bab dikonsultasikan kepada pembimbing secara berkala, agar proses penulisan menjadi terbimbing, sampai tiba waktu ujian.

Siswa dan para guru telah menunggu dengan antusias untuk berbagi hasil jerih payah mereka dalam proses pembelajaran yang melibatkan pemikiran kritis, riset, dan penerapan konsep bahasa Indonesia dalam ranah ilmiah. Kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam menanamkan semangat literasi di kalangan siswa. “Saya dapat lebih tau tentang cara penyusunan KTI dan lebih paham tentang El Niño” kata Fara Azelia, salah satu siswi kelas XI IPS.

“Program penulisan Karya Tulis Ilmiah di SMA Muhammadiyah 4 Depok telah berlangsung sejak lima tahun yang lalu, sebagai syarat kenaikan kelas 11 dan untuk menumbuhkan semangat meneliti dan menulis bagi peserta didik,” demikian yang disampaikan oleh Ibu Faruliana Sari, S.Pd. wakil Kurikulum SMAM 4 Depok kepada redaksi pdmdepok.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini