PDM DEPOK – Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Depok menggelar Workshop Konten Digital pada 27-28 Januari 2024 di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok. Kegiatan dimaksudkan untuk menumbuhkan budaya literasi digital di lingkungan keluarga besar Muhammadiyah Kota Depok.

Ketua MPI PDM Kota Depok, M. Raihan Febriansyah, salah satu narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan materi tentang mengelola akun media sosial. Pemaparan diawali dengan mengungkap pentingnya medsos, seperti bahwa medsos menjadi wajah organisasi atau lembaga, medsos bisa menjadi rujukan sumber informasi utama, media promo, sarana dakwah, penyimpanan dokumentasi, dan tuntunan zaman. Dengan gaya bahasa yang lugas dan jelas, penyampaian materi sangat menarik dinikmati oleh peserta workshop.

Konsistensi menjadi kunci mendapati respons terbaik dari ponstingan atau video yang di-upload, baik itu like, share, subscribe, maupun comment. Muaranya kanal atau akun sosmed mendapati viewer, follower, dan subscriber yang dahsyat. “Kuncinya adalah konsistensi, jangan bosan Upload,” ujar Raihan.

Paham sosial media juga sebagai bagian dari upaya nahi mungkar atau mencegah kemungkaran, minumal meminimalisir tersebarnya konten buruk, yakni dengan memaksimalkan fitur report pada Instagram dan dislike pada Youtube. Dengan fitur tersebut sebuat konten atau tayangan dapat diminimalisir penayangannya bahkan dapat dihapus sama sekali. “Bayangkan jika kita tidak melek media, maka konten buruk dan tidak pantas dapat leluasa melalangbuana di dunia maya,” tegasnya.

Memaksimalkan fungsi sosial media juga sebagai bagain dari dakwah kekinian, dakwak sesuai dengan konteks audiensnya, atau dengan kata lain, dakwah dengan bahasa kaumnya. Saat ini gen-Z, bahkan masyarakat pada umumnya lebih menyukai konten dakwah yang menyenangkan, dan itu ada di konten media sosial.

Pemilik akun IG @raihanelfakhrie tersebut menutup pemaparan dengan kata-kata dahsyat, “Content is king but distribution is queen”, yang artinya, baik konten (isi pesan) dan distribusi (publikasi konten) adalah dua hal yang sama-sama penting.

Selama dua hari kedepan, tanggal 27-28 Januari 2024, Kegiatan Workshop Konten digital dijadwalkan dilaksanakan di Wisma Hijau Mekarsari, Kota Depok, mengambil Tema, “Viral-viralkan Muhammadiyah, Mari Gembirakan Dakwah”. (mahfan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini