Beranda Amal Usaha Muhammadiyah Siswa SMAM 4 Depok Tanamkan Jiwa Nasionalisme Lewat Pengabdian Masyarakat

Siswa SMAM 4 Depok Tanamkan Jiwa Nasionalisme Lewat Pengabdian Masyarakat

67
0

PDM DEPOK, Rangkapan Jaya Baru – Pada salah satu bab dalam materi pembelajaran Sosiologi kelas XII terdapat pembahasan tentang Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat Sekitar. Para siswa belajar tentang bagaimana cara memberdayakan masyarakat yang ada, mengembangkan potensi, hingga pada tujuan akhirnya adalah menanamkan nilai sosial bagi “objek” kegiatan tersebut.

Melalui bab inilah Guru Sosiologi di SMA Muhammadiyah 4 Depok, Ary Maulana, termotivasi untuk memberikan tugas praktik kepada siswa-siswi kelas XII.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat ini bisa memberikan pengetahuan, pengalaman baru bagi siswa, dan juga agar mereka bisa training terjun di masyarakat. Karena memang secara garis besar jurusan IPS akan lebih banyak interaksi dengan masyarakat luas,” ujarnya.

Ketua kelompok, Fathiya, mengungkapkan TK dipilih sebagai tempat pengabdian karena dinilai penting menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini.

“Kelompok saya sendiri memilih TK sebagai tempat pengabdian masyarakat adalah karena TK adalah sarana pendidikan yang secara umum pertama kali diterima oleh anak-anak di Indonesia, jadi lebih pas dan lebih cocok agar sejak dini anak-anak tersebut memiliki rasa nasionalisme,” ujar Fathiya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berlangsung selama tiga pertemuan, pada 23, 27, dan 30 November 2023. Tugas ini merupakan tugas untuk pengambilan nilai PAS Semester Ganjil 2023/2024.

Pembelajaran yang dilakukan oleh kelompok ini dan diberikan ke murid TK adalah penanaman dasar wawasan kebangsaan dan mengenal warna tersier dalam melakukan proses belajar-mengajar dengan murid TK. Tentunya bukan hal yang mudah karena murid TK pada umunya sedang aktif-aktifnya dalam mengeksplorasi dunia.

Dian Ocataviani, selaku kepala TK Al-Ihya, menanggapi dengan positif kegiatan yang yang dilakukan oleh Fathiya dan kawan-kawan.
“Menurut saya pribadi bagus ya dengan kegiatan seperti memberikan manfaat baik bagi murid TK maupun siswa SMA-nya, bagi siswa SMA mungkin ini akan menjadi ‘tempat latihan’ mereka sebelum mereka masuk dunia kerja atau perkuliahan dan bagi Murid TK adalah mereka bisa mendapatkan teman baru yang sesama murid dan bisa berinteraksi lebih dengan murid SMA-nya,” ungkapnya.

Terakhir, kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan yang baik dan bisa untuk ditiru oleh sekolah-sekolah lainnya karena dengan Pengabdian Masyarakat ini bisa memberikan banyak manfaat baik bagi Murid itu sendiri, guru, maupun masyarakat.

Belum lagi jika kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan yang dilakukan di sektor ekonomi yang bisa membantu masyarakat secara luas dan lebih kompleks.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini