PDM DEPOK, CINANGKA – Pimpinan Ranting Muhammadiyah Cinangka resmi dikukuhkan dan dilantik pada Ahad (28/1/2024) bertepatan dengan 15 Rajab 1445. Acara berjalan dengan lancar, sukses, diawali pembukaan diwakili oleh kehadiran Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang diwakili oleh Haji Tajmaludin Eldad, Haji Burhanudin, dan Majelis Dikdasmen Haji Effendi.

Prosesi pengukuhan dipimpin oleh Haji Tajmaludin Eldad dengan seluruh jajaran PRM Cinangka, antara lain diwakili ada penasihat Marwadi Irawan, Azam Kamil, dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Cinangka antara lain Samsul Bahri sebagai ketua PRM Cinangka, Deden Saputra selaku sekretaris, Dien Burhanudin selaku bendahara, dan jajaran ketua bidang.

Haji Tajmaludin Eldad mengungkapkan, tidak mungkin Muhammadiyah Cinangka sebesar ini kalau tidak diiringi oleh keikhlasan yang paripurna dari masa-masa pendahulunya, dari masa tokoh Muhammadiyah dahulunya, dan tidak ada gerakan di dalamnya yang tidak mengandung ibadah. “Semua gerakan di Muhammadiyah ini selalu disertai pesan dakwah dan ibadah, diharapkan program kerja Pimpinan Ranting Muhammadiyah ini bisa memberikan inspirasi, bisa memberikan motivasi kepada ranting Muhammadiyah lainnya untuk bisa fokus dalam mengikuti program-program yang telah disusun dalam Muhammadiyah,” ujarnya.

Tajmaluddin berharap pimpinan dapat menerapkan nilai kepribadian Nabi Muhammad dalam gerakan Muhammadiyah dengan nisbah sebagaimana dalam pelaksanaan, yaitu dapat disiplin ibadah, selanjutnya memuliakan keluarga dan responsif dalam problematik sosial.

“Cinangka sudah mempunyai kelasnya tidak hanya kuantitas, tapi mempunyai kualitas yang produktif. Untuk itu dalam periodisasi ini diharapkan program kerja dapat berjalan lebih produktif, lebih kuat dan lebih bisa memajukan Cinangka kedepannya,” ujar dia.

Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Cinangka Samsul Bahri mengimbau seluruh jajaran PRM Cinangka untuk kolaborasi dan kuat dalam melaksanakan amanah. Dia juga berpesan agar kader dapat mewakafkan waktu, harta finansial, dan turut serta bermusyawarah dalam segala bentuk proses kebutuhan Pimpinan Ranting.

Dia juga mengimbau, dalam memajukan Persyarikatan Muhammadiyah di Cinangka, agar bisa berperan aktif, bukan malah baperan. “Mari sama-sama kita mempererat tali silaturahim kita memperkuat kekompakan kita memperkuat kerja sama, membentuk kaderisasi bersama Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah dan lain lainnya untuk sama-sama bisa memelihara dan menjaga amal usaha Muhammadiyah. Khususnya di Cinangka,” ujarnya.

Menurut dia, hal ini juga tak lepas dari peran para pendahulu. “Bekal dari para pendahulu kita yang sudah berjasa terhadap ranting Cinangka khususnya Bapak Haji Musa, Pak Haji Daiman, Bapak Abdurrahman dan lain sebagainya yang sudah bisa membuat Ranting Cinangka ini lebih produktif sampai dengan sekarang ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia melanjutkan, kepengurusan saat ini dipimpin oleh masa-masa yang tergolong masih muda, yakni 35-40 tahun ke atas. “Maka mari terus bersemangat dalam membina dan juga menjaga persyarikatan Muhammadiyah Cinangka,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Marwadi Irawan SH mengatakan, sebagaimana dalam surat Ali Imran ayat 104 bahwasannya seruan dalam berorganisasi itu adalah suatu kewajiban. “Maka dari itu, kata dia, para pimpinan Ranting Muhammadiyah Cinangka agar terus bisa mewariskan napas organisasi, napas bermusyawarah, sebagaimana tercantum dalam surat Ali Imran ayat 104 dan terus meningkatkan sumber daya manusia, sumber daya amal usaha Muhammadiyah, melalui pembentukan kaderisasi yang lebih dimasifkan, melalui beberapa organisasi otonom baik Pemuda Muhammadiyah ataupun Nasyiatul Aisyiyah, dan sebagainya,” kata dia.

Kemudian, dia juga berpesan, agar para pimpinan dapat meluruskan niat, meningkatkan rasa ikhlas, dan menyisingkan lengan baju dan berinvestasi untuk akhirat. “Hal ini merupakan bentuk motivasi dari penasehat sebagaimana dalam menguatkan program kerja periodisasi 2022-2027 membangun itu memang berat untuk itu. Mohon dijaga terus kekompakannya,” ujarnya.

Sesi kedua, yakni pembahasan mengenai program kerja PRM Cinangka. Dalam sesi tersebut Ketua PCM Cinangka Khaerudin menekankan bahwa kekompakan harus dijunjung tinggi, kolaborasi harus diperkuat terus, dan juga bentuk qanaah dalam pelaksanaannya. “Serta terus bertawakal dalam melaksanakan kegiatan program di persyarikatan Muhammadiyah Cinangka terus junjung permusyawaratan dalam berorganisasi,” pesannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini