Susur Sungai MLH dan MDMC Kota Depok

PDM DEPOK, Sawangan, Depok – Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PDM Kota Depok dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Depok menyelenggarakan kegiatan Susur Sungai Pesanggrahan dari Jalan Swadaya Kahfi Sawangan menuju perumahan South City, Senin (4/12/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua MLH PDM Kota Depok Sofyan Hakim, Sekretaris MLH Heri Kuswanto, Ketua MDMC Kota Depok Lidar didampingi Rahmat Kurniawan, serta Ketua PDM Kota Depok Ali Wartadinata.

Selama dua jam lebih, tim MLH, MDMC, dan Ketua PDM menyusuri sungai Pesanggrahan yang merupakan salah satu sungai yang cukup besar di bagian barat Kota Depok dan bermuara ke DKI Jakarta. Selama penyusuran, tim menemukan banyak sekali sampah di sepanjang perjalanan, bangunan di bantaran Sungai Pesanggrahan, yang jika disandingkan dengan peraturan dan perundang-undangan bangunan bangunan tersebut melanggar aturan.

Dengan dua perahu karet, MLH dan MDMC serta Komunitas Gema Cling, Komunitas DEKAP dan PCNU Kota Depok, Susur Sungai Pesanggrahan juga menemukan potensi pemanfaatan Pesanggrahan untuk wisata rafting dengan memanfaatkan beberapa spot yang menarik dan menantang.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok H. Ali Wartadinata menyambut baik kegiatan Susur Sungai Pesanggrahan yang diinisiasi MLH PDM Kota Depok ini. “Saya jadi tahu seperti apa sebenarnya keadaan Sungai Pesanggrahan, perlu political will dari pihak terkait untuk merawat dan menjaga kali Psanggarahan agar lingkungan semakin baik,” kata H. Ali.

Kondisi sungai yang banyak dipenuhi sampah dan banyaknya bantaran sungai yang sudah beralih fungsi, kata dia, menjadi penyebab rusaknya ekosistem sungai Pesanggrahan. “Semoga Muhammadiyah Depok hadir bisa menjadi bagian menjaga dan merawat sungai Pesanggrahan dan semoga Kedepan semakin banyak perusahaan nasional dan lembaga-lembaga nirlaba yang ikut serta dalam program ini,” ujar H. Ali.

Sampah di bantaran Sungai Pesanggrahan.

Upaya Preventif Bencana

Sementara, Ketua MDMC Kota Depok Lindar menyatakan pemetaan ini diperlukan sebagai bentuk kewaspadaan dan meminimalisir bencana. “Saat-saat sepeti sekarang ini, musim hujan sudah mulai, dan kondisi Sungai Pesanggrahan yang sedemikian itu pula, perlu pemetaan sungai dan kewaspadaan bagi penduduk sekitar kali agar bisa meminimalisir bencana,” kata Lindar.

Ketua MLH PDM Kota Depok Sofyan Hakim mengatakan, prediksi dan antisipasi bencana di musim penghujan sudah sepatutnya dan selayaknya dipetakan, khususnya di daerah bantaran Sungai Pesanggrahan yang debit airnya di musim penghujan cukup tinggi.

“Majelis Lingkungan Hidup (MLH) dan MDMC Pimpinan Muhammadiyah Depok melihat kondisi tersebut langsung melakukan aksi nyata dengan melakukan pemetaan kondisi lapangan bantaran sungai Pesanggrahan hari Senin siang yang dimulai dari Jalan Swadaya Kahfi Kecamatan Sawangan sampai dengan bantaran sungai Perumahan South City Cinere,” kata Sofyan.

Dia berharap kehadiran MLH PDM Depok menjadi bagian upaya menjaga dan merawat Sungai Pesanggrahan. “Semoga ke depan semakin banyak perusahaan nasional, lokal, dan lembaga-lembaga nirlaba yang ikut serta dalam program-program terkait isu lingkungan hidup,” ungkapnya.

Sofyan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung dan turut terlibat dalam kegiatan ini. “Terima kasih kepada pihak yang telah bersinergi dalam kegiatan Susur Sungai Pesanggaran, yaitu kawan-kawan MLH, MDMC, komunitas Gema Cling, Dedemit Kali Pesanggrahan (Dekap) Green Campbone, dan PCNU kota Depok. Semoga Ke depan kita semua dapat melakukan sekecil apa pun kebaikan kepada alam semesta,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini