PDM DEPOK – Pengabdian masyarakat (pengmas) merupakan bagian integral dari bidang studi sosiologi yang mengacu pada kontribusi positif yang diberikan kepada masyarakat. Bidang sosiologi memandang masyarakat sebagai sistem yang kompleks dan pengabdian masyarakat merupakan upaya memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada sistem ini. Dalam konteks yang lebih luas, pengmas mencakup beragam kegiatan yang bertujuan memperbaiki kondisi sosial, ekonomi, dan pendidikan masyarakat.

Ary Maulana selaku Guru Sosiologi SMA Muhammadiyah 4 Depok menugaskan kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 4 Depok untuk melakukan program pengabdian masyarakat dalam Penilaian Sumatif Akhir Semester tahun 2023/2024. Dia menjelaskan, program pengmas ini merupakan upaya terjun langsung ke masyarakat untuk mengetahui kondisi terkini masyarakat serta melakukan upaya pemberian kontribusi kepada masyarakat.

“Dalam konteks ini, kelompok 3 pengmas SMA Muhammadiyah 4 Depok telah melakukan upaya nyata melalui program Bimbingan Pembelajaran Al-Qur’an,” ungkapnya kepada tim redaksi.

Kelompok 3 pengmas SMA Muhammadiyah 4 Depok yang diketuai oleh Sultan Rafiqisiraj Sirait memilih untuk melakukan model pengabdian bimbingan pembelajaran Al-Qur’an kepada anak-anak yang berada di Majelis Zawiyatul Karamah di bawah naungan bapak Sain J selama tiga kali pertemuan pada pekan akhir bulan November 2023.

Bimbingan pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu bentuk bimbingan pengajaran yang berfokus pada ilmu dasar, panduan, dan ilmu tingkat lanjut dalam membaca atau literasi Al-Qur’an. Tujuan dari model pengmas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman literasi Al-Qur’an untuk adik-adik Muslim kita.

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, dia berharap bisa mendatangkan efek positif bagi kedua belah pihak. “Selain itu, kegiatan pengmas ini juga diharapkan bisa meningkatkan pengalaman siswa-siswi kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 4 Depok dalam perspektif mereka tentang masyarakat agar di kemudian hari bisa menerapkan segala bentuk kontribusi positif kepada masyarakat secara luas,” ujar Ary.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini