PDM DEPOK, Sawangan – Ketua PDM Kota Depok H. Ali Wartadinata menyampaikan empat hal penting dalam menjalankan roda Muhammadiyah. Antara lain, keikhlasan, kedermawanan, spirit kesungguhan, dan kesabaran. Hal ini disampaikan dalam pembukaan Rapat Kerja Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sawangan, Senin (25/12).

Menurut Ali, keikhlasan merupakan kekuatan iman yang mendorong dalam bergerak ke depan. Selain itu, dia menjelaskan, anggota Muhammadiyah harus memiliki kedermawanan. “Kedermawanan sebagai spirit yang harus selalu hadir dalam diri anggota Muhammadiyah,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, yang ketiga adalah spirit kesungguhan. “Kesungguhan hati dan raga harus kita wujudkan, jika kita gagal dalam merencanakan maka kita telah gagal dalam gerakan,” ungkapnya.

Yang keempat, kata dia, kesabaran merupakan penolong kita. “Karena pasti akan kita lewati dinamika dalam pergerakan,” ujarnya.

Ali juga berpesan agar pimpinan atau pengurus Muhammadiyah berani untuk bergerak. “Di antara amanat KH. Saad Ibrahim, contoh gerakannya: bangkitkan dalam ekonomi, seperti travel, bank JIZ/BMT, dan sebagainya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PCM Sawangan Khaerudin mengungkapkan tiga hal yang mendorong kemajuan dalam bermuhammadiyah, antara lain komitmen, kekompakan, dan konsisten.
“Komitmen sebagai bentuk kekuatan niat dan pengetahuan kita yg mendalam, terutama orientasi kita,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa kekompakan merupakan bentuk dari semangat kolektif kolegial yang menjadi ciri khas organisasi Muhammadiyah. “Kolektif kolegial adalah ciri gerakan kita,” kata dia.

Selanjutnya, konsisten, kata dia, sebagai bentuk komitmen di awal dan tujuan bermuhammadiyah. Selan itu, konsisten juga merupakan bukti bahwa di dalam diri kita tertanam jiwa Muhammadiyah. “Bukti ruh Muhammadiyah ada dalam diri,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh unsur pimpinan, mulai dari penasihat cabang, BPP, Majelis dan Lembaga PCM Sawangan, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, NA, Tapak Suci, HW, dan IPM.

“Yang telah bersama-sama mengikuti dan membersamai kegiatan Musyker PCM, dari 97 unsur pimpinan, alhamdulillah hadir 89 orang, 91,75 persen. Untuk itu, alhamdulillah dan terima kasih untuk semua,” ungkap Khaerudin.

Dia berharap program kerja PCM Sawangan bisa terlaksana sesuai harapan bersama. “Mohon maaf karena masih banyak kekurangan. Insya Allah ke depannya akan Lebih baik lagi,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini