PDM DEPOK, Rawa Denok – Menjelang bulan suci Ramadhan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok menyelenggarakan Pengajian Qabla Ramadhan 1445 H Muhammadiyah-Aisyiyah se-Kota Depok, Sabtu (2/3/2024). Kegiatan bertajuk Hari Bermuhammadiyah Ke-2 ini mengusung tema “Sambut Ramadhan, Wujudkan Islam Berkemajuan dalam Kehidupan”.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok H. Supian Suri membuka sambutannya dengan sebuah pantun. “Bapak, Ibu, hadirin yang saya cintai. Kalo mau berenang emang kudu basah. Berenangnya aer anget di Sukabumi. Paling seneng ketemu ibu dan bapak dari Muhammadiyah. Selalu semanget buat silaturahmi,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Supian mengungkapkan terima kasih atas kesempatan silaturahimnya dengan warga Muhammadiyah. Dia mengajak PDM Kota Depok membangun sinergi dengan Pemerintah Kota Depok, baik sosial, pendidikan, maupun kesehatan. Salah satunya adalah mendorong akses kesehatan bagi warga Depok, terutama dari kalangan kurang mampu, yaitu dengan program BPJS.

“Tahun 2024 ini Depok mengeklaim bahwa Depok sudah UHC, universal healt coverage, artinya 80 persen warga, mohon maaf, 98 persen warga Kota Depok sudah punya BPJS. Baik yang BPJS mandiri maupun yang dibayarin pembiayaannya oleh pemerintah,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, Pemkot Depok berkomitmen menjamin kesehatan warga Depok melalui program ini. Bahkan, kata dia, dana kesehatan yang dialokasikan Pemkot Depok untuk membiayai program BPJS ini mencapai Rp 1 miliar.

Sementara, Ketua PDM Kota Depok H. Ali Wartadinata mengungkapkan, Islam berkemajuan harus bisa dihadirkan dalam menyambut Ramadhan tahun ini dan juga ke depannya. “Kita menghadapi bulan Ramadhan, kami berharap kita semua ranting cabang daerah sudah punya program untuk menghidupkan bulan Ramadhan Tabligh harus hidup di masjid-masjid kita,” ungkap Ali.

Muhammadiyah Depok memiliki lebih dari 100 mubaligh yang terhimpun dalam Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM). “Kita punya kader mubaligh di KMM lebih dari 100 orang. Kita tidak kekurangan mubaligh. manfaatkan mubaligh-mubaligh kita agar kemudian bisa mencerahkan warga Persyarikatan Muhammadiyah di Kota Depok,” ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa PDM Kota Depok mendorong program Pemerintah Kota Depok dalam memajukan Kota Depok. “Agar Depok bisa menjadi kota yang unggul, maju, sejahtera, dan berbudaya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Tabligh PDM Kota Depok, Jaja Nurjana, mengungkapkan ini adalah pengajian Hari Bermuhammadiyah ke-2 pada periode PDM Kota Depok 2022-2027. “Ghirah tabligh di PDM Depok, masih berkobar, mudah-mudahan terus berkobar,” ujarnya.

Di Muhammadiyah, dia juga menegaskan, ngajinya harus bergembira. Sehingga, ke depannya akan dilaksanakan pengajian-pengajian di sejumlah cabang-ranting sebagai bentuk menggembirakan syiar dakwah Muhammadiyah di Kota Depok. (soleh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini