PDM DEPOK, Parungbingung – Hari ini, Sabtu 22 Rajab 1446 H, bertepatan dengan 3 Februari 2024 M, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok Barat menggelar Rapat Kerja (Raker) untuk program kerja 2022-2027. Raker dilaksanakan di gedung SMA Muhammadiyah 4 Parungbingung. Raker dihadiri oleh anggota Pimpinan Cabang, Ketua dan para anggota Majelis, dan pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Raker yang dilaksanakan hari ini hanya berselang sebulan setelah Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok barat dikukuhkan pada 31 Desember 2023. Dengan membawa semangat “Meneguhkan Gerakan Dakwah Pencerahan untuk Depok Barat Berkemajuan”, raker dibuka sesuai agenda pada pukul 08.30 WIB.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Depok Barat Yan Panani saat menyampaikan kata sambutan menetapkan arah dan fokus program kerja lima tahun mendatang. Menurut Yan Panani, implementasi program kerja menjadi fokus utama dalam perencanaan strategis. “Tidak cukup sekadar seremonial menentukan program, tetapi bagaimana kita mengimplementasikan program-program tersebut dalam aksi nyata,” ungkap Yan Panani.

Ketua PCM menegaskan bahwa menjadi anggota Muhammadiyah bukanlah sekadar simbol, melainkan sebuah tanggung jawab untuk melaksanakan program-program Persyarikatan. “Tidak elok berada dalam kepengurusan Muhammadiyah, tetapi tidak melaksanakan program-program kerja Persyarikatan,” tegasnya.

Salah satu program utama yang diusung PCM Depok Barat menurut Yan Panani adalah merealisasikan Gedung Dakwah. Program ini dijadikan skala prioritas program kerja PCM Depok Barat  2022-2027. Program ini dinilai Yan Panani sebagai langkah strategis untuk memperkuat keberadaan dan peran dakwah Muhammadiyah Depok Barat.

Selain itu, dalam waktu dekat, Yan Panani meminta program menggembirakan Ramadhan harus menjadi fokus utama Majelis Tabligh. Hari ini, diharapkan Majelis Tabligh sudah menyusun program kunjungan ke tiap Ranting untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan. Langkah ini dianggap sebagai upaya untuk memantapkan gerak langkah bersama Cabang dan Ranting, serta men-support Ranting-Ranting di Cabang Depok Barat.

Yan Panani menyinggung pula pentingnya pendataan anggota tiap Ranting. Upaya ini sangat perlu untuk pemetaan untuk memastikan partisipasi aktif setiap anggota Muhammadiyah untuk mendukung program-program Majelis. Pendataan anggota nantinya akan menjadi database penghimpunan iuran anggota.

Di akhir sambutannya, Yan Panani mengingatkan kesiapan PCM Depok Barat sebagai tuan rumah acara Hari Bermuhammadiyah Kota Depok yang ditempatkan di Ranting Muhammadiyah Rawadenok. Acara ini akan digelar pada 2 Maret 2024. Melalui Hari Bermuhammadiyah ini, diharapkan dapat menjadi momentum positif untuk memperkuat eksistensi Muhammadiyah Cabang Depok Barat di tingkat Kota Depok.

Meskipun Raker kali ini tidak dihadiri seluruh ketua Majelis dan anggota Majelis, suasana optimisme peserta raker tampak sangat kuat. Hal ini sejalan dengan semangat dan karakter Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah yang berkhidmat bagi masyarakat. (AM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini