Hari Ahad 12 Muharram 1445 H bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2023 Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bedaha Cabang Sawangan melaksanakan santunan yatim dan dhuafa sebanyak 35 orang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Masjid At Thalibin dan dihadiri selain yatim dan dhuafa juga dihadiri oleh warga serta simpatisan Muhammadiyah dan Asiyiyah.

Ketua Pimpinan Rating Muhammadiyah Bedaha, Bpk Mukhlis dalam sambutannya menyampaikan bahwa santunan ini berkat kerjasama warga persyarikatan sebagai implementasi dari perintah agama sekaligus sebagai bukti bahwa kita ingin menjadi orang-orang yang disenangi oleh Allah SWT.

Selain kegiatan santunan kegiatan tersebut diawali dengan kajian atau tausyiah yang di isi oleh Ustadz Tedi Purba, dalam tausyiahnya beliau menyampaikan bahwa sesuai perintah Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 220, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فِى الدُّنْيَا وَا لْاٰ خِرَةِ ۗ وَيَسْــئَلُوْنَكَ عَنِ الْيَتٰمٰى ۗ قُلْ اِصْلَا حٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۗ وَاِ نْ تُخَا لِطُوْهُمْ فَاِ خْوَا نُكُمْ ۗ وَا للّٰهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ ۗ وَلَوْ شَآءَ اللّٰهُ لَاَ عْنَتَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ
“tentang dunia dan akhirat. Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!” Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia datangkan kesulitan kepadamu. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 220).

Sesuai ayat tersebut bahwa tugas penting kita sebagai personal juga sebagai organisasi berkewajiban memperbaiki keadaan mereka terutama akhlak dan tauhidnya. Memastikan bahwa mereka tumbuh sebagai manusia yang merdeka, lurus dan tidak bermental konsumtif.

Kegiatan tersebut ditutup dengan prosesi santunan dan santapan jasmani.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini