PDM DEPOK – Oleh: Lia Fitriani, Kepala SD Muhammadiyah 3 Pondokcina

Pelatihan Peningkatan mutu Bahasa Inggris ini dilaksanakan pada Selasa, tanggal 4 Dzulhijjah 1445 atau bertepatan dengan 11 Juni 2024 di SD Muhammadiyah Meruyung Kota Depok Jawa Barat. Dengan sasaran Kepala SD/MI Muhammadiyah se-Kota Depok. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar guru Bahasa Inggris SD/MI Muhammadiyah se-Kota Depok dapat meningkatkan kemampuan dalam metode pembelajaran Bahasa Inggris di sekolahnya. Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF Haji Ade Kurnia, Wakil Ketua Drs. Chaerudin, M.Pd., kepala sekolah dan guru bahasa Inggris Muhammadiyah sebanyak 18 orang.

Pelatihan ini dibuka dengan basmalah dan dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Depok Drs. Chaerudin, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan, kegiatan ini sangat beririsan dengan tujuan Majelis dikdasmen.

Dia menceritakan, ketika pertemuan seluruh Majelis Dikdasmen Wilayah dan Majelis Dikdasmen Daerah se-Indonesia di Semarang Jawa Tengah pada 31 Mei-3 Juni 2024 dengan tema “Bertransformasi Membangun Pendidikan Unggul dan Berkemajuan dalam menyiapkan Generari Emas 2045”. Kita diharapkan mempunyai empat konsep kunci: Harmonisasi, Sinkronisasi, Kolaborasi, dan Komunikasi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mentari Group yang bekerja sama dengan Dikdasmen dan PNF PDM Kota Depok, Jawa Barat. Mentari Group adalah mitra pendidikan yang memiliki tujuan dalam pelayanan transformasi pendidikan. Dengan Visi untuk menjadi kontributor aktif dalam pengembangan SDM yang unggul di Indonesia agar bisa sejajar dengan bangsa termuka didunia melalui jalur pendidikan Bentuk kerjasama yang disampaikan melalui 3 M Big Solution and Support System.

  1. Man power development, pengembangan SDM secara berkala dan berkelanjutan
  2. Material, bahan ajar yang berstandar global dan dengan metodologi internasional
  3. Measurement, alat ukur objektif yang berstandar global sebagai bahan evaluasi sekolah dan yayasan

Sesi hari ini. Fun day With Rise Up bertujuan untuk melatih guru bagaimana metodologi terbaik dalam mengajar bahasa inggris dengan menyenangkan menggunakan enam metodologi internasional terbaik.

  1. Functional Language
  2. Systematic presentation with varied practice
  3. Spirit of storybooks into textbooks
  4. Visually engaging
  5. Builds strong listening skills
  6. Builds solid A2

Sesi kedua, kelas akan terbagi dua, sesi guru bahasa inggris dan sesi pimpinan sekolah. Pada sesi guru bahasa inggris maka para guru belajar melanjutkan metodologi pembelajaran bahasa inggris dan kegiatan interaktif pembelajaran.

Pada sesi pimpinan sekolah, Mentari Group akan menyampaikan materi berkaitan school management untuk bisa menjadikan sekolah memiliki keunggulan yang menuju kepada standar global.

  1. Transformasi pendidikan
  2. Transformasi pembelajaran
  3. School management
  4. Solusi menjadi sekolah unggulan yang berstandar global

Semoga Sekolah Muhammadiyah di Kota Depok dapat berkemajuan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Meruyung, 11 Juni 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini