PDM DEPOK – Dalam upaya memperkuat pendidikan dan nilai-nilai sosial keislaman, para siswa-siswi kelas 12 IPS SMA Muhammadiyah 4 Depok melaksanakan program pengabdian masyarakat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hukama yang terletak di Jalan Masjid Al-Hukama, Pancoran Mas, Kec. Rangkapan Jaya Baru, Kota Depok, Jawa Barat, (7/12).

Program ini dilaksanakan sebagai syarat penilaian sumatif akhir semester ganjil 2023/2024. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 28-30 November 2023.

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai keislaman kepada anak-anak di Taman Pendidikan Al-Quran. Para siswa-siswi mengambil peran sebagai fasilitator dan pengajar, yaitu menyusun serta mengajarkan materi pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman.

Tak hanya itu, para siswa-siswi juga berusaha untuk menyusun serangkaian kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak-anak.

Pada pelaksanaannya, kegiatan dimulai dengan sesi perkenalan terlebih dahulu, kemudian dilanjut dengan pengajaran berbagai materi-materi keislaman seperti rukun Islam, rukun Iman, nama-nama Malaikat serta nama-nama Nabi. Dengan pembelajaran tersebut, diharapkan para anak-anak dapat memahami apa saja yang perlu dimiliki dan diimani sebagai seorang Muslim yang baik.

Tidak hanya penyampaian materi, para siswa juga melibatkan berbagai kegiatan menarik seperti games quiz berhadian serta mewarnai di hari terakhir. Pada kegiatan ini, anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan seputar materi yang telah disampaikan akan mendapatkan hadiah berupa snack. Pada hari terakhir, para siswa-siswi memberikan hadiah berupa tempat pensil sebagai kenang-kenangan dan rasa terima kasih karena telah mengikuti serangkaian kegiatan dengan baik selama tiga hari ini.

Program pengabdian masyarakat ini memberikan hasil positif yang signifikan. Anak-anak di Taman Pendidikan Al-Quran menunjukkan peningkatan rasa semangat dalam mengikuti pembelajaran di TPQ. Hal itu diungkapkan oleh beberapa anak di dalam surat-surat yang diberikan kepada para siswa saat hari terakhir.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak-anak tidak hanya paham konsep-konsep Islam secara teori saja, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Program serupa diharapkan dapat menjadi contoh bagi yang lainnya untuk senantiasa mengajarkan ilmu keislaman dalam rangka pengembangan karakter anak-anak yang lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini