PDM DEPOK – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriyah jatuh pada 11 Maret 2024. Penetapan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Hisab hakiki adalah metode hisab yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya matahari dan bulan faktual (sebenarnya). Gerak dan posisi bulan dalam metode ini dihitung cermat untuk mendapatkan gerak dan posisi bulan yang sebenarnya dan setepat-tepatnya sebagaimana adanya.

Untuk itu, kita membutuhkan jadwal imsakiyah yang sesuai dengan kalender Hijriyah sebagaimana telah ditetapkan PP Muhammadiyah. Jadwal imsakiyah pada umumnya mencantumkan informasi mengenai waktu shalat, waktu imsak, waktu dhuha, lengkap dengan keterangan tanggal dan jamnya selama 30 hari sepanjang Ramadhan.

Unduh Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 Hijriyah di sini: KLIK!

Pesan Ketua PDM Kota Depok

Ketua PDM Kota Depok H. Ali Wartadinata mengajak segenap kader, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah di Kota Depok untuk meniatkan hati menyambut Ramadhan tahun ini.

“Marilah kita meniatkan dalam hati kita untuk memulai puasa di hari Senin, 11 Maret 2024 dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT, dengan mengharap ridha Allah SWT, agar di bulan Ramadhan ini Allah limpahkan rahmat dan karunia kepada kita,” ujarnya dalam video yang diunggah di Channel TVMu Depok yang dikelola oleh Komunitas Pelajar Pencinta Broadcast dan Livestraming SMA Muhammadiyah 4 Depok.

Dia juga mengajak agar Ramadhan ini menjadi bulan pendidikan dan peningkatan keimanan. “Saya mengajak kepada seluruh kader, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah untuk betul-betul menjaga Ramadhan kita menjadi bulan pendidikan, bulan peningkatan keimanan dan keislaman, bulan di mana kita beribadah kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Mengajak seluruh anggota keluarga kita dan masyarakat di sekitar kita agar menjadikan Ramadhan bulan yang suci bulan yang mulia, bulan di mana kita di siang hari berpuasa dan di malam hari kita melaksanakan qiyamul lail,” ungkapnya.

Selain itu, dia berharap Ramadhan ini menjadi momentum perekat persatuan di antara umat Islam. “Setelah kita melaksanakan pelimu 2024, maka momentum Ramadhan adalah momentum kebersamaan untuk meraih keberkahan dan keridhaan Allah SWT,” katanya.

Ali juga mengajak seluruh PC, PR Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Kota Depok untuk bersama-sama memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk penguatan nilai-nilai keislaman, ideologi Muhammadiyah, dan mengedepankan paham tarjih dalam amaliah Ramadhan 1445 H.

“Akhirnya, atas nama pribadi dan juga Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok mengucapkan selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan. Semoga Ramadhan kali ini mampu menjadikan kita orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang meraih kemenangan,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini