PDM DEPOK, PARUNGBINGUNG – SMA Muhammadiyah 4 Depok menyelenggarakan Baitul Arqam Angkatan ke-2 bagi Peserta Didik Kelas Akhir Tahun Pelajaran 2023–2024. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, pada Jumat-Sabtu, 30-31 Maret 2024 M. Kegiatan yang diselenggarakan sebagai wahana peneguhan Ideologi Muhammadiyah bagi Peserta Didik Kelas Akhir digawangi langsung oleh Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok.

Dalam acara pembukaan hadir Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok H. Ali Wartadinata, Wakil Ketua PDM Depok Bidang Tarjih dan Kader SDI Ust. Dani Yanuar Eka Putra MA, Ketua Majelis Kader dan Sumber Daya Insani PDM Depok Khalilulrahman Al Mahfani MPd, Ketua PR Muhammadiyah Parungbingung, Solihin SE, dan Kepala SMA Muhammadiyah 4 Depok Hariyanto Sutan Kamil, MPd, MHum, dan para Wakil Kepala Sekolah dan Wali Kelas XII.

Kepala SMA Muhammadiyah 4 Depok menyampaikan digerlasnya Baitul Arqam ini didasari atas keinginan untuk menyiapkan lulusan yang siap mengabdi menjadi kader Muhammadiyah. Kegiatan Baitul Arqam, kata dia, menjadi wajib untuk diikuti seluruh peserta didik kelas akhir dan setelah menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun. “Setelah baitul arqam, seluruh peserta didik diberikan formulir untuk menjadi Anggota Muhammadiyah dan untuk nanti diberikan NBM saat perpisahan,” ujarnya.

Ketua PR Muhammadiyah Parungbingung Solihin SE menyambut baik dan bergembira dengan pelaksanaan Baitul Arqam Angkatan ke-2 di SMA Muhammadiyah 4 Depok. Ia mengapresiasi serta menyampaikan perlu adanya pengaderan formal dan informal secara seimbang. Perkaderan informal, dia menjelaskan, artinya berkegiatan di Muhammadiyah dengan aktif namun secara hal-hal formal sangat kurang. “Di sisi lain ada kaderkader yang dikader secara formal dirasa kurang membumi, kegiatan ini menjadikan pribadi yang tangguh dan kuat,” ungkap Solihin.

Sementara itu, Ketua Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani PD Muhammadiyah Depok Khalilurrahman Al Mahfani mengapresiasi SMA Muhammadiyah 4 Depok yang memercayakan pelaksanaan Baitul Arqam kepada Majelis Kader PDM Depok. Dia berharap proses pengaderan Muhammadiyah di SMA Muhammadiyah 4 Depok ke depan bisa berjenjang, dan lintas ortom.

“Dalam artian, ke depan seluruh peserta Didik SMA Muhammadiyah 4 Depok selain mengikuti Taruna Melati 1 di IPM, juga dapat mengikuti Jaya Melati 1 di Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, agar proses perkaderan di SMA Muhammadiyah 4 Depok semakin lengkap,” kata dia.

Baitul Arqam Kelas Akhir SMA Muhammadiyah 4 Depok diikuti oleh 96 peserta yang merupakan siswa Kelas XII atau kelas akhir yang akan menyelesaikan pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 Depok pada bulan Mei nanti. Kegiatan Baitul Arqam ini menjadi rangkaian kegiatan Akhir Tahun Pelajaran untuk Kelas XII.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini