PDM DEPOK, Bojongsari – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bojongsari (PCM Bojongsari) mengukuhkan empat Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) di lingkungan PCM Bojongsari untuk Periode 2022-2027, bertempat di Aula Kecamatan Bojongsari-Depok, 17 Desember 2023. Empat Pimpinan Ranting tersebut, yaitu PRM Pondok Petir, PRM Duren Seribu, PRM Serua, dan PRM Bojongsari.

“Alhamdulillah, seluruh Pimpinan Ranting Muhammadiyah di lingkungan PCM Bojongsari telah dilantik barusan. Itu, menandakan bahwa Pimpinan Ranting telah siap lahir batin untuk menjalankan amanah dakwah Islam berkemajuan di masing-masing ranting yang ada di Lingkungan PCM Bojongsari,” ungkap Dr. Zamah Sari, M.Ag, Ketua PCM Bojongsari di sela-sela sambutannya usai melantik para Pimpinan Ranting.

Zamah Sari mengungkapkan bahwa keberadaan ranting menjadi penting, karena ranting merupakan ujung tombak dakwah pergerakan di akar rumput. Ranting harus menjadi penggerak rencana operasional yang telah digagas oleh PCM Bojongsari. Sehingga, kata dia, seluruh rencana kerja benar-benar terealisasi, berkat kinerja terbaik setiap Ranting Muhammadiyah.

“Tentu, Ranting tetap harus bergandengan tangan menjalankan program dengan Majelis yang ada di Lingkungan PCM Bojongsari. Sehingga manfaat dari setiap program yang telah digagas akan memiliki dampak lebih besar, baik terhadap perkembangan Persyarikatan Muhammadiyah di akar rumput juga bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Bojongsari,” tambah Buya Zamah, panggilan akrabnya.

Menurut Buya Zamah, ke depan PCM Bojongsari masih memiliki banyak Pekerjaan Rumah yang harus segera diselesaikan, mulai dari pendirian kantor cabang hingga pendirian ranting di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Bojongsari. Pekerjaan tersebut cukup berat, tetapi dengan adanya kekompakan seluruh pimpinan dan Warga Persyarikatan Muhammadiyah di Bojongsari dan sekitarnya, Insya-Allah akan menjadi lebih ringan.

“Beberapa kelurahan di Kecamatan Bojongsari yang belum ada Ranting Muhammadiyah, yaitu Kelurahan Duren Mekar, Kelurahan Curug, dan Kelurahan Bojongsari Baru. Tiga kelurahan tersebut, akan menjadi konsen bagi PCM Bojongsari, agar dalam waktu dekat bisa segera didirikan Ranting Muhammadiyah. Sehingga dakwah Islam berkemajuan Persyarikatan Muhamamdiyah hadir di setiap kelurahan di Kecamatan Bojongsari,” ungkap Buya Zamah.

Buya Zamah menambahkan, kehadiran Ranting Muhammadiyah di setiap kelurahan di Kecamatan Bojongsari, harapannya akan menjadi civil society yang bisa menambah kokoh keberadaan pilar demokrasi di akar rumput. Sehingga, semakin besar peranan yang diberikan ranting, peran-peran kebangsaan Ranting Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat akar rumput akan semakin terasa kehadirannya.

Cabang dan Ranting Muhammadiyah, dia melanjutkan, esensinya ialah ujung tombak dakwah Persyarikatan Muhammadiyah di masyarakat. Bila Cabang dan Ranting, tak mampu mewujudkan eksistensinya di tengah-tengah masyarakat dimana Cabang dan Ranting itu berada, maka dakwah Muhammadiyah bisa dikatakan gagal di tempat tersebut.

“Oleh karena itu, kami berharap PCM Bojongsari dan seluruh PRM di lingkungan PCM Bojongsari terus konsisten menjalankan program sebagai kepanjangan tangan dari dakwah Islam berkemajuan yang ada di Persyarikatan Muhammadiyah,” pungkas Buya Zamah. (hamli/sho)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini