KH Faqih Ulama Kauman yang menginspirasi
KH Faqih Ulama Kauman Yogyakarta  yang menginspirasi

Oleh : Aunurrofiq Fitriadi*

PDM Depok – KH Faqih Habiburrahman adalah salah satu ulama terkemuka dari Kauman Yogyakarta. Beliau lahir pada tahun 1850an, KH Faqih menikah dengan Siti Habibah yang merupakan Adik KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah.

KH Faqih merupakan salah satu pimpinan di generasi awal HB Muhammadiyah (sekarang PP Muhammadiyah). Beliau bersama santrinya menyatakan bergabung dan aktif dalam Persyarikatan Muhammadiyah. Beliau juga aktif keliling ke berbagai tempat dalam syiar dakwah Muhammadiyah. Sehingga Muhammadiyah dapat diterima diberbagai tempat di Yogyakarta.

KH Faqih dikenal sebagai sosok yang alim dan cerdas. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. KH Faqih memiliki banyak putra yang juga menjadi ulama dan tokoh masyarakat.

Salah satu putra KH Faqih adalah KH Badawi. KH Badawi merupakan ulama yang terkenal dalam membasmi komunisme di Indonesia. KH Badawi juga menjadi penasehat Soekarno dan menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung serta menjadi ketua PP Muhammadiyah.

Karya tulis KH Badawi yang telah dihasilkannya antara lain ialah Pengadjian Rakjat, Kitab Nukilan Sju’abul-Imam (bahasa Jawa), Kitab Nikah (huruf Pegon dan berbahasa Jawa), Kitab Parail (huruf Latin berbahasa Jawa), Kitab Manasik Hadji (bahasa Jawa), Miah Hadits (bahasa Arab), Mudzakkirat fi Tasji’il Islam (bahasa Arab), Qawaidul-Chams (bahasa Arab), Menghadapi Orla (Bahasa Indonesia), dan Djadwal Waktu Shalat untuk Selama-lamanja.

Putra KH Faqih lainnya yang juga menjadi ulama yang banyak dikenal adalah KH Fadhil. KH Fadhil merupakan ulama dan pendiri madrasah Al Falah yang santrinya banyak berjuang dalam kemerdekaan Indonesia, yang tergabung dalam Angkatan Perang Sabil. Madrasah yang terletak di Plataran Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta ini memiliki ratusan santri dari bergagai penjuru Yogyakarta dan kota lainnya. Madrasah ini tidak memungkut biaya dari santrinya, sehingga sangat membantu masyarakat, karena dahulu tingkat buta huruf sangat tinggi dan hanya masyarakat kelas atas saja yang dapat mengenyam bangku pendidikan.

KH Faqih juga memiliki putra-putra lainnya yang juga menjadi ulama, yaitu KH Jabar, KH Jawad, KH Hadi, KH Wahid, Hj Umi Aswad dan Hj Zumrud. Putra putrinya ini adalah ulama dan juga saudagar yang tersebar di beberapa wilayah tidak hanya Kauman tetapi juga Karangkajen, Gamping, Bantul dan daerah lainnya di Yogyakarta. Semua putra KH Faqih dikenal sebagai saudagar yang dermawan dan juga ulama yang cerdas selalu menjadi rujukan masyarakat Yogyakarta.

KH Faqih memiliki wakaf Langgar Al Faqih yang sampai sekarang masih berdiri kokoh di Kauman. Langgar ini digunakan sebagai tempat mengaji anak-anak Kauman dan juga tempat pengajian. Dahulu, langgar ini sempat menjadi gudang senjata pejuang dalam agresi militer Belanda. Belanda sempat mengetahui keberadaan senjata-senjata tersebut dan akan memusnahkan langgar ini. Namun, masyarakat berhasil mencegahnya.

Kini menurut beberapa keturunan KH Faqih tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga seluruh penjuru belahan dunia. Mereka saat ini juga aktif dalam persyarikatan Muhammadiyah, tergabung dalam beberapa PCIM di berbagai negara.

KH Faqih merupakan sosok yang menginspirasi. Beliau telah mencetak banyak ulama dan tokoh masyarakat yang berperan penting dalam perkembangan bangsa Indonesia. Kisah hidupnya dapat menjadi teladan bagi kita semua.

Nilai-nilai inspiratif yang dari sosok KH Faqih yaitu kecerdasan dan keilmuan. KH Faqih dikenal sebagai sosok yang alim dan cerdas. Beliau memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang agama Islam.

Keberanian, KH Faqih merupakan sosok yang berani dalam membela kebenaran. Beliau tidak takut untuk melawan penjajah dan saat agresi militer. Kepedulian sosial, KH Faqih memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat. Beliau sering menyantuni anak yayim dhuafa serta mendirikan langgar untuk tempat mengaji anak-anak dan juga tempat pengajian.

Dalam usianya yang menginjak 111 tahun Muhammadiyah, semoga semakin banyak tokoh yang menginspirasi seperti kisah hidup KH Faqih dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik. (ARF)

 

(Anggota MPI PDM Depok)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini