PDM Depok – Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Depok (MPI PDM Depok) menggelar Workshop Konten Digital dengan tema “Viral-viralkan Muhammadiyah, Mari Gembirakan Dakwah,” pada Sabtu dan Ahad (28-29/1/2023) di Wisma Hijau, Cimanggis Depok. Workshop ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai elemen Majelis, Lembaga, Ortom, dan Amal Usaha Muhammadiyah di Kota Depok.

Workshop ini bertujuan memperkuat budaya literasi, terutama di media sosial dan platform digital. Sebagai Majelis yang mewadahi media informasi digital, MPI PDM Depok berkomitmen untuk meningkatkan aktif keterlibatan digital, mengingat bahwa Muhammadiyah, mempunyai anggota puluhan juta anggotanya di Indonesia, namun belum sepenuhnya optimal dalam menyentuh dunia digital.

Narasumber dalam workshop ini menghadirkan Makroon Sanjaya Direktur TVMU/Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah, M Fahrudin Editor TV Berita Satu, Ihsan Fotografer dan Dosen Uhamka, Andi Maulana Pimred Depok Network, Ahmad Sholeh CEO Penerbit Irfani dan pengelola pdmdepok.com, Usman Andrianto Dosen DKV Universitas Saintekmu.

Peserta dari workshop ini mereka sangat antusias dan mengikuti acara dari awal sampai dengan selasai. Meskinpun acara ini sangat padat dalam kegiatan ini, seluruh peserta sangat bergembira dan aktif mengikuti dalam setiap materi. Berikut adalah ungkapan testimoni dari beberapa peserta yang ikut dalam Workshop Konten Digital MPI PDM Depok.

Annisa Nur Balqis, peserta dari PCA Cimanggis mengatakan, “Workshop digital ini sangat berarti bagi kami untuk memulai aktivitas sosial media pimpinan cabang aisyiyah cimanggis. Materinya disajikan dengan cara yang mudah dipahami oleh pemula. Saya belajar banyak mengenai cara edit gambar dengan canva, teknik pengambilan foto dan video agar lebih menarik, menyusun content calendar.”

Peserta Lia Fitriani dari SD Muhammadiyah 3 Pondok Cina, mengatakan “Kegiatan workshop digital ini sangat bermanfaat bagi kami untuk menyebarkan informasi mengenai kegiatan sekolah. Membuat kalender media sosial memotivasi kami untuk terus menerus memanfaatkan media sosial.”

Farhat Tarmidi, peserta dari Majelis Ekonomi Ranting Abadijaya juga apresiasi atas acara ini dan mengajak seluruh peserta untuk melek media sosial. “Ayo kita bangkitkan Muhammadiyah se viral-viralnya jangan sampai acara Muhammadiyah dari ranting, cabang, dan daerah ketinggalan.”

Selain itu, peserta dari PCM Pancoran Mas Maqdum Ibrahim juga mengatakan, “Sangat menarik banyak manfaat ilmu yang didapat saat mengikuti pelatihan tersebut. Dengan pemateri yang terlatih baik ditambah juga dengan praktik secara langsung dapat memahami materi yang disampaikan.”

Nasyiatul ‘Aisyiyah Kota Depok, mengutus Diana Putri Ananda berharap dengan Workshop Konten Digital ini jadi salah satu acara yang paling bagus yang pernah diikuti. Mulai dari konsepnya, narasumbernya, prakteknya, follow up-nya, waktunya, pemenuhan konsumsi dan tempat istirahat, pemberian kesempatan tanya jawabnya. “Betul-betul bagus dan sangat bermanfaat. Menyadarkan saya betul bahwa kita harus melek digital dan bangkit menghidupkan dakwah Islam mengikuti perkembangan teknologi,” ujarnya.

Djuairiah utusan KMM Kota Depok dan PRA Parung Bingung sangat antusias dalam workshop ini dan sangat tekesan. “Workshop Konten Digital, dengan narasumber yang sangat kompeten dibidangnya, peserta yang semangat, panitia yang komunikatif, sehingga kelas menjadi nyaman, akrab, dan sangat mengesankan,” ujarnya.

Dari kegiatan ini Panitia berharap agar workshop konten digital ini dapat terus berlanjut dan para Peserta agar menjadi Garda Terdepan  dalam aktif mengunakan media sosial untuk kebaikan dalam dakwah Berkemajuan Persyarikatan Muhammadiyah. Panitia juga berharap agar para alumnus workshop ini menjadi kontributor pdmdepok.com dan juga dakwah Muhammadiyah di Kota Depok khususnya dalam dunia digital lebih berasa berwarna dan mencerahkan seluruh warga. (ARF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini